Selasa, 26 Mei 2020

www.kpu-bogorkota.go.id – Untuk yang kesekian kalinya, KPU Kota Bogor menerima kunjungan dari KPU Kabupaten/Kota lain di seluruh Indonesia. Dalam kurun waktu September hingga Desember 2019, telah menerima 41 (empat puluh satu) Kabupaten/Kota dan 5 (lima) KPU Provinsi. KPU Kota Bogor menerima semua kunjungan tersebut di Kantor KPU Kota Bogor Jl. Loader 07 Kota Bogor dan diterima langsung oleh seluruh Komisioner beserta jajaran Sekretariat KPU Kota Bogor. 

Kunjungan ini dilakukan, bertujuan untuk studi banding tekait pengelolaan dan pengembangan rumah pintar Pemilu (RPP) KPU Kota Bogor, yang sejak berdiri tahun 2017 dan diberi nama lawang pinter Pemilu (LPP), RPP KPU Kota Bogor telah dibuat dalam bentuk digital. Selain sesuai dengan arahan dari Komisi Pemlihan Umum Republik Indonesia, terkait digitalisasi rumah pintar pemilu bagi KPU Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, juga mengingat untuk kali kedua KPU Kota Bogor telah memperoleh penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional terkait Pemilu Akses, kreasi sosialisasi dan transparansi informasi. Dalam hal ini KPU Kota Bogor dinilai mampu memberi pelayanan akses informasi kepada masyarakat luas serta memberikan kebutuhan masyarakat diera digital, mengenai pentingnya Pemilu dan Demokrasi yang tentunya menyajikan data dalam bentuk yang menarik serta mudah dipahami masyarakat luas.

KPU Kota Bogor telah membuat inovasi aplikasi guna memberikan pelayanan kepada msyarakat khususnya warga Kota Bogor yang membutuhkan informasi mengenai hasil Pemilu di Kota Bogor baik tingkat Kota, Provinsi maupun Nasional; Pemilu dan demokrasi; Sejarah Pemilu dan Data Grafis Sejarah pemilu di Indonesia ; Kaleidoskop Pemilu di Kota Bogor ; Kaleidoskop Program dan Kegiatan KPU Kota Bogor ; Informasi Arsip Data Pemilu ; Informasi SDM KPU, Panitia Ad-hoc serta Sekretariat KPU Kota Bogor; serta pendidikan mengeani pentingnya menjadi masyarakat yang cerdas dalam memilih yang di tayangkan diaudio visual dalam bentuk sejarah kepemiluan maupun film komedi situasi terkait pemilu, hal ini dibuat selain untuk menarik perhatian masyarakat juga memberikan kesan yang berbeda, bahwa mempelajari mengenai pentingnya Pemilu dan Demokrasi tidak selalu harus disajikan dalam bentuk yang membosankan dan monoton.

Selain itu, KPU Kota Bogor juga menyediakan post test yang diberikan dalam bentuk kuesioner pilihan ganda,  bagi pengunjung yang datang ke RPP LPP, guna mengukur sejauh mana informasi yang KPU Kota Bogor sajikan mampu dimengerti dan dipahami oleh pengunjung. seperti halnya anjungan yang lain, Post test inipun dibuat secara digital. Tidak sampai disitu, dalam rangka memberikan pengetahuan mengenai kepemiluan pada masyarakat di era digital ini, KPU Kota Bogor pun menawarkan dan memberikan fasilitas dengan gratis bagi masyarakat terutama kaum pelajar dan mahasiswa dalam melakukan pemilihan Kepala Desa, OSIS maupun pemilihan Presiden Mahasiswa melalui e-voting yang dibuat KPU Kota Bogor. (Lin/Hupmas)

 

Link