Senin, 29 Agustus 2016

 

 

 www.kpu-kotabogor.go.id, Rabu, (24/8) KPU Kota Bogor pada akhir Tahun 2015 menyelenggarakan sosialisasi  E- Votiong  yang diikuti oleh  para pelajar dari beberapa sekolah di Kota Bogor. Salah satu sekolah yang mengikuti  adalah SMA IT Ummul Quro Kota Bogor.

Beberapa bulan setelah sosialisasi, SMA IT UMMUL QURO  melalui surat Nomor : 01/KPO/ SMA ITUQ/VII/2016 tanggal 25 Juli 2016 menyampaikan maksud  untuk mengadakan kerjasama pada Pemilihan Raya.

Terkait dengan hal tersebut, KPU Kota Bogor menanggapi positif  dengan memberikan fasilitas pelayanan berupa  E- Voting yang dimiliki oleh KPU Kota Bogor, dan perangkat lainnya seperti Kotak Suara  serta  informasi   yang dibutuhkan misalnya cara menyusun daftar pemilih, serta mengoperasikan E – Voting . 

Untuk persiapan pelaksanaan pemilihan raya, para siswa yang tergabung dalam Komisi Pemilihan Osis (KPO)  SMA IT Ummul Quro  ini  hadir di kantor KPU Kota Bogor beberapa kali. Dengan penuh perhatian para siswa ini menerima penjelasan cara mengoperasikan E- Voting dari Angga Pradipta dan Irwan Setiadi.

Pemilihan Raya tersebut  dilaksanakan pada hari ini,  rabu  24 Agustus 2016. Hadir  dari   KPU Kota Bogor yaitu :  Kasubag Umum dan beberapa staf serta Komisioner KPU Kota Bogor  Divisi SDM dan Partisipasi Masyrakat DR. Bambang Wahyu. Dalam sambutannya dikatakan bahwa : pendidikan pemilih  untuk pemilu berkualitas menjadi tema  dalam acara ini.

Dalam paparannya dihadapan ratusan siswa dan siswi  SMA IT UMMUL QURO Bambang Wahyu menyampaikan 3 (tiga) faktor penting untuk menunjukan Pemilu Berkualitas yaitu :1 ). Penyelenggara pemilu yang berintegritas 2) Peserta pemilu yang bagus dan 3) Pemilih yang cerdas.

Selain hal tersebut  Bambang Wahyu juga menyampaikan tentang E- Voting yang menjadi trademark KPU Kota Bogor dan satu satunya di Indonesia yang menggagas  pelaksanaan pemilu yang efektif dan efisien.Kerjasama KPU Kota Bogor dengan Lembaga Pendidikan atau masyarakat ini sering dilaksanakan  untuk meningkatkan kesadaran politik masyarakat  tentang penting pemilu.

Mesikipun sosialisasi  kepada pemilih  baru dilaksanakan pada hari itu juga para siswa  mudah untuk memahami.  Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua  OSIS dengan E- Voting,  diikuti oleh siswa  yang  terdaftar sebagai pemilih  sebanyak 188  siswa dengan rincian 103 (54,79%) laki – laki  dan 85 (45,21%) perempuan  sedangkan yang menggunkan hak pilihnya  sebanyak 180 siswa terdiri dari  98 (54,44%)  laki – laki dan 82  (45,56%) perempuan. Dan  yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 8 siswa terdiri dari 5 ( 62,50%) laki – laki dan 3 (37,50%) perempuan.

Perolehan suara sah sebagaimana yang tercantum dalam Berita Acara pemilihan Ketua dan Wakil Ketua  OSIS SMA IT UMMUL QURO  adalah 1).   Pasangan Irfan dan Soffi  memperoleh suara sah 100 (55,56%) 2). Pasangan  Akbar dan Fatih memperoleh suara sah 63 ( 35,00%) dan pasangan Nabilah dan Fatimah 17% (9,44%) 

Pada kesempatan ini,  Ade Sunarya Kasubag Umum, Keuangan dan Logistik mejelaskan bahwa  meskipun memilih secara elektronik, tetap disediakan kertas prin out dan hasilnya  dimasukan kedalam kotak suara. Pemilihan dengan menggunkan E – Voting , pada dasarnya    sama seperti pemilu biasanya, hanya tidak mencoblos surat suara tetapi pemilih memilih dengan touch screen. (menyentuh layar).Hasil  print out yang ada didalam kotak suara merupakan bukti, jika ada yang keberatan dengan hitungan yang ada didata elektronik. 

Ini merupakan hal  yang sangat positif  selain sebagai pemicu kreativitas siswa, para calon pemilih pemula ini sekaligus belajar untuk menggunkan hak pilihnya dengan baik ,memilih   sesuai hati nurani, jujur, dan demokratis  meskipun secara digital.  

SMA IT UMMUL QURO ini adalah sekolah pertama yang difasilitasi oleh KPU Kota Bogor untuk menggunakan E- Voting. Bagi sekolah lain  yang ingin menggunakan  E- Voting KPU Kota Bogor siap untuk memfasilitasi. 

 

 

 

 

 

 

 

www. kpu-bogor kota.go.id.  Bogor (24/8) .  Rapat Pleno mingguan yang biasanya dilaksanakan setiap hari senin, kali ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 23  Agustus 2016, karena  Ketua dan Sekretaris KPU Kota Bogor ada kegiatan menghadiri  undangan ke Bandung, terkait dengan pembahasan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018.

Rapat pleno minggu ini   dihadiri  oleh Ketua dan Anggota KPU Kota Bogor , Sekretaris dan kasubag Sekretariat KPU Kota Bogor dan seorang staf sebagai notulen. Pada Rapat Pleno  tersebut diputuskan antara lain : mengumpulkan informasi berkaitan dengan jumlah RT /RW, jumlah penduduk dan Jumlah KK  dan jenis penyandang disabilitas. 

Informasi tersebut  akan dipergunakan  sebagai bahan rapat di KPU Provinsi Jawa Barat pada hari kamis tanggal 25 Agustus 2016 dalam Acara enyenpurnaan Penyusunan  Anggaran Pilgub Jabar Tahun 2018 sebagimana surat undangan dari yang telah disampaikan oleh KPU Provinsi Jawa Barat nomor 417/KPU –Prov/VIII/2016 tanggal 18 Agustus 2018  

Menindaklanjuti hasil rapat pleno tersebut sekretariat KPU Kota Bogor langsung bergerak untuk mendapatkan  informasi. Informasi tentang jumlah penduduk, KK, RT/RW  ke  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil .  Informasi untuk  penyandang disabilitas  ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Selain itu juga mencari informasi tentang jenis penyadang disabilitas pada Sekolah Luar Biasa yang ada di  Kota Bogor.   Informasi terkait dengan penyandang disabilitas mental tim  ke Rumah Sakit Marzuki Mahdi Bogor.

 

 

 

 

Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 09.07.2014 07:00

Link

Link MK 

Link DKPP