Jumat, 28 Agustus 2015

www.kpu-bogorkota.go.id - Pada hari Kamis tanggal 27 Agustus 2015 KPU Kota Bogor menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discusion (FGD). Kegiatan Focus Group Discussion merupakan Refleksi Terhadap Hasil Riset Perilaku Pemilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2014 di Kota Bogor yang telah dilaksanakan  pada bulan  Juni  2015. Tema dari kegiatan tersebut adalah “Membentuk Perilaku Pemilih Rasional Dalam Upaya Mewujudkan Pemilu Yang Demokratis dan Berkualitas”.

Peserta dalam kegiatan ini  adalah komisioner KPU Kota Bogor dan pegawai Sekretariat KPU Kota Bogor. Selain itu KPU Kota Bogor juga mengundang  peserta FGD yang  terdiri dari akademisi  4 (empat) orang  yaitu : dari Universitas Djuanda dan Universitas Pakuan Bogor dan pemerhati pemilu yang  berjumlah 11 (sebelas) orang  yang terdiri dari : Ketua  DPD KNPI, Ketua PWI, Budayawan, Ketua Forum Wartawan Harian Bogor, Ketua Kaukus Politik Perempuan Indonesia, Kepala Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,Kepala  Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Bagian Pemerintahan Setda Kota Bogor, Camat Bogor Timur, Direktur LSM Lanskip, dan Relawan Demokrasi Pemilu Tahun 2014.

Maksud diselenggarakan kegiatan Focus Group Dissusion adalah : peserta diskusi pemberikan masukan dan bahan pertimbangan untuk penyempurnaan hasil riset perilaku pemilih di Kota Bogor. Dan memberikan masukan tentang metode dan model penndidikan pemilih yang efektif pada penyelenggaraan pemilihan umum dimasa yang akan datang.

Sedangkan tujuan dari kegiatan FGD adalah untuk mendiskusikan faktor-faktor strategis yang berpengaruh terhadap perilaku pemilih dalam menentukan pilihan politik pada pemilihan umum.serta menyusun rekomendasi  metode dan/atau model pendidikan pemilih yang dapat meningkatkan kesadaran dan pemikiran kritis dan cerdas pemilih dan berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemilu 

Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Bogor mengatakan bahwa pemilihan umum Legislatif Tahun 2014 di Indonesia merupakan pemilihan yang terumit  di dunia, untuk memilih calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Bogor Pemilih di Kota Bogor harus menentukan pilihan dari rata- rata lebih dari 300 calon anggota legislatif.

Untuk materi  hasil riset perilaku pemilih disampaikan oleh komisioner KPU Kota Bogor Divisi sosialisasi,dengan moderator komisioner KPU Kota Bogor Divisi Teknis. Rekomendasi dari hasil Focus Group Discusion adalah: Perlunya penelitian lanjutan sehingga menghasilkan data yang lebih berkwalitas. Meminimalisir antara proses dan hasil pemilu, kewajiban partai politik peserta pemilu untuk mencalonkan kader partainya yang berkualitas, Sosialisasi pemilu perlu dilaksanakan secara terus-menerus dan berkesinambungan, Program-Program real dari partai politik perlu disosialisasikan kepada masyarakat dan Akses pemilih untuk penyandang disabilitas pelu ditingkatkan.

www.kpu-bogorkota.go.id - Pada hari Rabu tanggal 19 Agustus 2015, Komisioner KPU  Kota Bogor didampingi sekretariat  mengadakan kunjungan ke Dinas  Pendidikan Kota Bogor, kunjungan tersebut  diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor  Drs. Edgar Suratman  beserta jajarannya. Dalam kunjungan tersebut  Ketua KPU menyampaiakn  program /kegiatan KPU Kota Bogor berupa  sosialisasi  dan pendidikan pemilih bagi guru PKn dan siswa/pelajar  Sekolah Menengah Atas (SMA)  maupun  Sekolah Menengah Kejuruan baik sekolah negeri maupun swasta yang ada di Bogor, dengan  maksud untuk memberikan bekal kepada siswa/pelajar  berupa pendidikan dasar berpolitik/menggunakan hak pilihnya  atau lebih dikenal dengan sebutan pemilih pemula pada pemilihan/pemilu dimasa yang akan datang.

Untuk mewujudkan  kegiatan  tersebut  KPU Kota Bogor  akan mengadakan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Bogor. Kegiatan tersebut  akan dikemas dalam bentuk sosialisasi  dengan materi antara lain  demokrasi, undang-undang dasar, peraturan tentang pemilu dan pilkada serentak, kemudian  akan dilanjutkan dengan cerdas -cermat tentang demokrasi dan pemilu yang akan diikuti oleh pelajar dari Sekolah Menengah  Atas/Sekolah Kejuruan yang ada di Bogor. Dalam kesempatan tersebut  Edgar menambahkan selain nasionalisme  berupa wawasan kebangsaan  perlu ditambahkan  muatan lokal  dalam sosialisasi.  

Kunjungan tersebut diakhiri dengan foto bersama dan penyampain piagam penghargaan    Mitra Strategis dalam Pemilu oleh Ketua  KPU Kota Bogor  dan diterima  oleh  Kepala Dinas Pendidikan Kota  Bogor. 

Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 09.07.2014 07:00

Link

Link MK 

Link DKPP