Sabtu, 29 November 2014

 

 

 

www.kpu-bogorkota.go.id - Selesainya Pemilihan Umum Tahun 2014, meninggalkan banyak berkas dan dokumen yang perlu diarsipkan. Pengarsipan dokumen Pemilu merupakan salah satu bentuk kontrol terhadap pelaksaan sistem pemilu, juga merupakan alat bukti yang sah terkait Pemilihan Umum Kepala Daerah, Legislatif maupun Presiden. Arsip merupakan barang bukti yang sekaligus mampu berbicara tentang fakta dan peristiwa sejarah serta mampu memberikan arti dan manfaat dalam kehidupan manusia.
Seiring berjalannya waktu, arsip dan dokumen pemilu yang berbentuk fisik berupa kertas memerlukan perawatan yang menyeluruh dengan ruang penyimpanan yang besar untuk menjaga dokumen dan arsip tersebut tidak rusak karena dimakan waktu. Oleh karena itu, KPU Kota Bogor berupaya untuk menjaga arsip dan dokumen Pemilu dengan menggunakan teknologi informasi. Upaya tersebut yaitu melalui proses digitalisasi arsip dan dokumen dengan cara menciptakan suatu Aplikasi Sistem Kearsipan dan Dokumen Pemilu, guna memberikan kemudahan bagi para pemangku kepentingan untuk mengakses informasi, khususnya terkait Pemilihan Umum di Kota Bogor. Aplikasi ini menyajikan arsip dan dokumen secara digital yang dibagi ke dalam 5 (lima)  klasifikasi kegiatan yaitu kegiatan Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilu Walikota dan Wakil Walikota Bogor.
Untuk men-digitalisasi arsip dan dokumen, pertama-tama, arsip dan dokumen yang berupa kertas dipilah dan diklasifikasikan, kemudian dipindai menggunakan scanner. Hasil pemindaian tersebut diunggah ke dalam aplikasi Sistem Kearsipan dan Dokumen. Dalam mengakses apliklasi ini setiap user/operator harus login ke Sistem Kearsipan dan Dokumen dengan menggunakan username dan password sehingga dapat melakukan pencarian data berdasarkan klasifikasi kegiatan pemilu. Data tersebut disajikan dalam bentuk pdf dan dapat pula diunduh dalam bentuk Microsoft Excel yang selanjutnya dapat dicetak maupun diolah sesuai kebutuhan.
Aplikasi Sistem Kearsipan dan Dokumen ini selain dapat menyiapkan ratusan ribu lembar arsip, juga dapat menyimpan dokumen dalam bentuk foto, audio maupun video.
Aplikasi Sistem Kearsipan dan Dokumen ini merupakan bagian dari upaya pelestarian dan penyelamatan arsip sesuai standar ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia).

 

 

 

www.kpu-bogorkota.go.id - Hari Senin (24/11), bertepatan dengan pertama kalinya dilakukan sosialisasi kebijakan Walikota Bogor tentang himbauan tidak  menggunakan kendaraan dinas atau pribadi baik roda empat maupun roda dua pada setiap hari Senin. Mengapresiasi kebijakan Walikota tersebut, Komisioner KPU Kota Bogor bertandang ke gedung wakil rakyat  (DPRD Kota Bogor) di jalan Kapten Muslihat Bogor dengan menggunakan Angkutan Kota 06 Ciheuleut - Pasar Bogor.  
Komisioner KPU Kota Bogor yang dipimpin Undang Suryatna disertai tiga komisioner lainnya yaitu Hj. Siti Natawati  (divisi Hukum dan SDM), Edi Kholqi Zaelani (divisi logistik dan anggaran), serta Samsudin (divisi teknis) yang didampingi oleh unsur sekretariat, Encep Alhamidi (Sekretaris KPU), Ade Sunarya (Kasubag Hukum), Niken Andarini (Kasubag Teknis) dan Aries Hendardi (Kasubag Hukum) diterima langsung oleh Ketua DPRD H. Untung W Maryono, SE yang didampingi oleh wakil ketua DPRD, Herry Cahyono dan Sopian.
Kunjungan komisioner KPU Kota Bogor ke  DPRD Kota Bogor  selain untuk bersilaturahmi  juga menyampaikan laporan rangkain kegiatan penyelenggaraan pemilihan umum di kota Bogor  pada tahun 2013-2014 yaitu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gibernur  Jawa Barat tanggal 24 Februari 2013, Pemilhan Walikota dan Wakil Walikota Bogor,  tanggal 14 September 2014, Pemilu Legislatif tanggal 9 April 2014, dan Pemilu Presiden tanggal 9 Juli 2014. Melengkapi laporan ini, Ketua KPU Kota Bogor menyampaikan buku laporan penyelenggaraan masing-masing kegiatan pemilu tersebut serta menyampaikan buku Profil Anggota DPRD Kota Bogor periode 2014-2019 untuk masing-masing anggota DPRD Kota Bogor.
Pimpinan DPRD dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaannya kepada jajaran KPU Kota Bogor yang telah melaksanakan rangkaian kegiatan Pemilu di kota Bogor yang berlangsung dengan tertib, aman dan damai tanpa ada ekses apapun yang terjadi  di masyarakat. Ketua DPRD H. Untung W Maryono mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya karena KPU Kota Bogor telah bekerja secara profesional dan bersikap netral kepada semua kontestan, terbukti semua pihak dapat menerima dengan baik semua hasil Pemilu di Kota Bogor.
Ketua DPRD juga menyampaikan kepada Komisioner agar tidak merasa segan untuk menyampaikan aspirasi maupun kerjasama lainnya untuk kepentingan pembangunan demokrasi dan pendewasaan berpolitik di Kota Bogor. Ketua DPRD dan para wakil ketua DPRD juga sepakat dengan Walikot Bogor dan Wakil Walikota Bogor untuk memprioritaskan penyediaan gedung KPU Kota Bogor yang selama ini belum memiliki gedung yang tetap dan berpindah-pindah.  Ditegaskan oleh Ketua DPRD bahwa untuk tahun anggaran 2015 Pemkot telah mengajukan anggaran untuk pembelian lahan di kawasan R3 yang diperuntukkan gedung KPU Kota Bogor.  Pertemuan tersebut berlangsung  mulai  pukul 13.30 WIB dan berakhir pada pukul 15.30 WIB. Kembali dari Kantor DPRD Kota Bogor, Jalan kapten Muslihat  ke Kantor KPU Kota Bogor jl. Loader No.7 dengan menggunakan Angkutan Kota 06 Ciheuleut - Pasar Bogor.
 

 

Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 09.07.2014 07:00

Link

Link MK 

Link DKPP