Senin, 26 September 2016

 

www.kpu-bogrkota.go.id - Peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) terkait pergantian antar waktu menjadi tema ngupatahu kali ini, Jumat (09/09). Kajian yang dilaksanakan di Aula KPU Kota Bogor ini, diikuti oleh seluruh Komisioner serta Sekretariat KPU Kota Bogor. Komisioner KPU Kota Bogor bidang Teknis Syamsydin S.Hut, M.Si selaku pemateri, menjabarkan dan menjelaskan undang-undang serta PKPU terkait pergantian antarwaktu anggota dewan perwakilan rakyat daerah.

Pembahasan PKPU kali ini meliputi proses kerja KPU Kabupaten Kota, khususnya KPU Kota bogor dalam menangani pengganti antarwaktu (PAW), Proses hingga mekanisme PAW Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor. Dalam tahap ini, setelah KPU menerima surat dari DPRD terkait pergantian antarwaktu anggotanya, dalam 5 (lima) hari kerja maka KPU melaksanakan verifiaksi calon Anggota Legislatif dengan perolehan suara terbanyak berikutnya, untuk kemudian hasilnya diserahkan kepada  DPRD. Ada 3 proses seorang Anggotra legislatif di PAW kan, yaitu meninggal dunia, mengundurkan diri dan diberhentikan karena melanggar tata tertib yang diberhentikan melalui badan kehormatan dewan atau diberhentikan oleh Parpol.

 

 

 

 

 

 

www. kpu-bogor kota.;go.id. (1/9). SEMANTI MEMILIH :  adalah kegiatan penyelenggaraan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Ketua Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) SMA Negeri 3 Kota Bogor.

Terkait dengan kegiatan ini Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kota  Bogor Drs Acep Sukirman menyampaikan surat  kepada Ketua KPU Kota dengan nomor : 800/413/TU  bertanggal 29 Agustus 2016  dengan maksud mengajukan permohonan bantuan dalam pelaksanaan pemilihan secara E. Voting.

Menggapi permohonan tersebut, KPU Kota Bogor dengan cepat memberikan pelayanan  sebagaimana permohonan dimaksud. Meskipun jangka waktu dengan pelaksanaan penyelengaraan pemilihan sangat dekat yaitu pada hari kamis tanggal 1 September 2016 . Dengan dipandu  staf dari KPU Kota Bogor  beberapa siswa  yang tergabung  dalam panitia SMANTI MEMILIH hadir di KPU Kota Bogor  seperti layaknya penyelenggara pemilu, untuk mempersiapkan beberapa tahapan pemilihan.

Dengan dipandu staf KPU Kota Bogor Angga Pradipta, para panitia Smanti Memilih  ini  menyiapkan pendataan pemilih yang terdiri  dari  siswa - siswi klas  X, XI dan XII serta para guru dan para pegawai bagian Tata Usaha yang jumlahnya kurang lebih seribuan.

Peserta Pemilihan  dalam Kegiatan SMANTI MEMILIH ini terdiri  Calon   Ketua OSIS dan Calon Ketua MPK . Calon Ketua OSIS  dengan Nomor Urut  1 :  Naufal Aditia  . Nomot Urut 2 Muhamad Raihandhia dan Nomor Urut 3  : Muhammmad Alfitras .Sedangkan Calon Ketua  MPK  terdiri dari  Nomor urut 1 : Nafira Ludhfiani  . Nomor Urut 2:  M. Syarif Rangga . Nomor Urut  3 : Raihan Abdul Rahman  dan Nomor Urut  4 :  Ahmad Jindan.

Sehari sebelum pelaksanaan pemungutan suara Ketua KPU Kota Bogor Undang Suryatna beserta Anggota komisioner hadir di SMA Negeri 3 Kota Bogor untuk melaksanakan sosialisasi terkait  tentang Demokrasi di Indonesia dan mekanisme penggunaan E- Voting

Tahapan berikutnya dalam kegiatan ini adalah pemungutan suara yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 1 September 2016. Hadir dalam kegiatan tersebut alalah  Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Edgar Suratman, Camat Bogor Timur. Komisioner KPU Kota Bogor, dan Jajaran Sekretariat KPU Kota Bogor.

Dalam sambutannya Walikota Bogor menyampaikan “ bahwa jaman sudah berubah begitu cepat . Dalam kegiatan ini siswa punya hak untuk memilih dan dipilih . SMA Negeri 3 adalah Sekolah Negeri pertama yang menggunakan E Voting . dan   hasilnya  nanti dapat diketahui dengan cepat

 Bima  juga menanyakan kepada para Calon Ketua OSIS dan Ketua MPK “ Apakah Siap Menang dan Siap Kalah “.? Selain itu  Bima  juga berpesan bahwa menjadi pemimpin itu harus iklas dan menjadi pemilih itu harus cerdas.

 Bima  berkempatan hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlokasi di Aula SMA Negeri 3 Kota Bogor, sebagai pemilih kehormatan untuk memberikan suaranya  dengan menggunakan E Voting . dan Bima sangat  mengapresiasi  terhadap kegiatan ini,

Penggunaan  E -Voting ini ternyata sangat  mudah dipahami oleh para siswa  - siswi. Dengan menggunakan 2 (dua ) Bilik Suara Elektronik para pemilih memberikan suaranya. Bilik Suara Elektonik  ke 1 (satu ) untuk memilih Calon Ketua OSIS dan Bilik Suara Elektronik ke 2 (dua) untuk memilih Calon Ketua MPK .

 

Tepat Pukul 16 .00 sore hari pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara selesai dengan hasil sebagaimana yang tercantum Dalam Berita Acara dan Sertifikat Hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara Elektronik Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai berikut : 

 

I .HASIL PEMILIHAN KETUA OSIS  SMA NEGERI  3 KOTA BOGOR 

 

A.    DATA PEMILIH DAN PENGGUNAAN HAK PILIH 

NO

DATA PEMILIH

Lk

Pr

Jumlah

Lk (%)

Pr(%)

Jumlah

1

Pemilih Terdaftar

425

590

1015

41,87%

58,13%

100 %

2

Menggunkan Hak Pilih

388

551

919

41,32%

58,68%

100%

3

Tidak Menggunakan Hak Pilih

37

39

76

48.68%

51,32%

100%

B DATA PEROLEHAN SUARA SAH CALON PESERTA PEMILIHAN 

NO URUT 

NAMA CALON  PESERTA PEMILIHAN

JUMLAH PEROLEHAN SUARA

PERSENTASE

PERINGKAT PEROLEHAN SUARA 

1

NAUFAL ADITIYA

270

28,75%

3

2

MUHAMMAD RAIHANDHIA

344

36,63%

1

3

MUHAMMAD ALFITRAS

325

34,61%

2

, II . HASIL PEMILIHAN KETUA MPK SMA NEGERI 3 KOTA BOGOR 

A.DATA PEMILIH DAN PENGGUNAAN HAK PILIH 

NO

DATA PEMILIH

Lk

Pr

Jumlah

Lk (%)

Pr(%)

Jumlah

1

Pemilih Terdaftar

424

591

1015

41,77%

58,23%

100 %

2

Menggunkan Hak Pilih

424

591

 1015

41,77%

58,23%

100%

3

Tidak Menggunakan Hak Pilih

0

0

0

0,00%

0,00%

0,00%

B.DATA PEROLEHAN SUARA SAH CALON PESERTA 

 

NOMOR URUT

NAMA CALON PESERTA PEMILIHAN

JUMLAH PEROLEHAN SUARA

PERSENTASE

PERINGKAT PEROLEHAN SUARA 

1

NAFIRA

266

28,21%

2

2

MUHAMMAD SYARIF RANGGA

134

14,21%

4

3

RAIHAN ABDURRAHMAN

219

23,22%

3

4

AHMAD JINDAN

324

34,36%

1

 Kegiatan seperti ini , bagi KPU Kota Bogor untuk tahun ini  adalah yang  kedua. Dengan harapan meskipun para siswa belum mempunyai hak pilih  dalam pemilu,  mereka sudah belajar tentang demokrasi. Semoga kedepannya para  calon pemilih pemula ini dapat  menggunkaan hak pilihnya dengan cerdas, baik, jujur dan sesuai hati nurani. 

Bagi sekolah lain yang ingin mengikuti jejak menggunakan E Voting dalam Pemilihan Ketua OSIS,  Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor siap untuk memfasilitasi sebagai langkah awal  dalam melaksanakan pendidikan pemilih dan politik sejak dini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 09.07.2014 07:00

Link

Link MK 

Link DKPP