Sabtu, 22 November 2014

www.kpu-bogorkota.go.id - KPU Kota Bogor turut berpartisipasi pada perlombaan “KPU Award”, yaitu suatu perlombaan dalam rangka pemberian penghargaan bagi seluruh KPU di Indonesia, baik KPU Kabupaten/Kota maupun KPU Provinsi yang berprestasi dalam penyelenggaraan pemilu. Perlombaan ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk apresiasi atas prestasi penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas.
Kamis (13/11) KPU Kota Bogor telah menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan untuk berpartisipasi pada ajang bergengsi tersebut. KPU Kota Bogor berpartisipasi dalam 3 kategori , yaitu Penyelenggaraan Pemilu yang Berintegritas, Transparansi Informasi Pemilu dan Pemilu Akses.
Dilihat dari kategori pertama, yaitu Penyelenggaraan Pemilu yang berintegritas, KPU Kota Bogor dapat melaksanakan Pemilu dengan damai, surat suara tidak tertukar, tidak ada pemungutan suara ulang, tidak ada pelanggaran kode etik sehingga tidak ada sanksi dari DKPP, tidak ada pelanggaran pidana, selalu menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu/Panwaslu, selalu menjaga soliditas dan mempunyai kemampuan menyelesaikan masalah.
Dilihat dari kategori kedua, yaitu Transparansi Informasi Pemilu, KPU Kota  Bogor menyediakan data lengkap untuk kepentingan masyarakat luar, website KPU Kota Bogor pun selalu up to date untuk melayani masyarakat, seperti diunggahnya dokumen Daftar Calon Sementara (DCS) dan Daftar Calon Tetap (DCT) Legislatif, laporan dana kampanye, hasil rekapitulasi penghitungan suara serta informasi pemilu lainnya. Bahkan masyarakat umum dapat mengunduh dokumen tersebut. Selain itu, KPU Kota Bogor melaksanakan pelayanan informasi secara langsung dengan difasilitasi oleh petugas desk informasi.
Dilihat dari kategori ketiga, yaitu Pemilu Akses, KPU Kota Bogor menjalankan prosedur dan tahapan penyelenggaraan Pemilu sesuai dengan arahan KPU Provinsi Jabar dan KPU Pusat, di antaranya pelibatan penyandang disabilitas dalam proses pemilu, TPS akses, sosialisasi untuk penyandang disabilitas, data pemilih yang memberikan informasi pemilih disabilitas.
Diharapkan, dengan berpartisipasi pada ajang penghargaan ini, KPU Kota Bogor memperoleh penilaian yang baik. Juga mendapatkan evaluasi dan koreksi sehingga bisa lebih meningkatkan kemampuan dan kesungguhan dalam penyelenggaraan pemilu yang profesional, berintegritas, independen dan dapat menjawab tantangan kompleksitas penyelenggaraan Pemilu demi peningkatan kualitas penyelenggaraan pemilu-pemilu selanjutnya. Hal itu sesuai dengan harapan publik terhadap suksesnya Pemilu di masa yang akan datang.

 www.kpu-bogorkota.go.id - Selama 2 hari, KPU Kota Bogor melaksanakan penyusunan Laporan Pemutakhiran Daftar Pemilih Pemilu Legislastif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 (13/11 - 14/11). Kegiatan ini bertempat di Bumi Gumati Bogor. Dengan penyusunan laporan ini, maka diharapkan menjadi dasar bagi proses pemutakhiran daftar pemilih yang lebih berkualitas pad aPemilu yang akan datang.
Dalam penyusunan laporan tersebut, KPU membahas akurasi dan kualitas data pemilih sesuai dengan kondisi faktual pemilih. Akurasi dan kualitas data pemilih meliputi jumlah pemilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb) yang mengacu pada aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) serta mengacu pada hasil rapat pleno penetapan daftar pemilih.
Penyusunan daftar pemilih merupakan tahapan yang paling sering disoroti karena kerap kali menimbulkan kisruh dan sengketa pemilu. Oleh karena itu, pada proses penyusunan laporan ini, KPU Kota Bogor berupaya mengidentifikasi permasalahan dalam penyusunan daftar pemilih. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan laporan daftar pemilih yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
Dari proses penyusunan laporan ini, diketahui bahwa permasalahan akurasi dan kualitas daftar pemilih menjadi tanggung jawab bersama pemangku kepentingan pemilu, antara lain KPU, Kemendagri, Kemenlu dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Dengan kata lain, seluruh pemangku kepentingan pemilu memberi andil yang sangat besar untuk mewujudkan akurasi dan kualitas daftar pemilih.


 

 

Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 09.07.2014 07:00

Link

Link MK 

Link DKPP