Rabu, 12 Desember 2018

KPU Kota Bogor menyelenggarakan Pendidikan Pemilih di Kampung Munjul, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Selasa (27/11/2018). Segmentasi masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan Pendidikan Pemilih kali ini adalah kelompok pengrajin kuali dan alat rumah tangga yang berjumlah 25 orang. Materi mengenai Pendidikan Pemilih disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Bogor Divisi Sosialisasi, Bambang Wahyu.

“Pada 17 April 2019 untuk pertama kalinya dilaksanakan pemilu serentak di Indonesia,” tutur Bambang Wahyu. Bambang Wahyu menjelaskan bahwa pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat dan rakyat berhak berpartisipasi untuk menentukan sistem politik yang lebih baik.

“Melalui pemilu rakyat berhak ikut serta menentukan pilihan. Ini menjadi sangat penting karena pilihan tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi kebijakan pemerintah,” tambah Bambang Wahyu. Selain itu Bambang Wahyu juga menjelaskan informasi mengenai kepemiluan kepada peserta antara lain partai politik peserta pemilu, pencalonan anggota DPR, DPRD,  DPD, pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, pengenalan warna surat suara, proses pemungutan suara di TPS. 

Bambang Wahyu mengharapkan para peserta pendidikan pemilih agar menyampaikan informasi yang telah diterima minimal kepada keluarga terdekat, tetangga sekitar ke rumah. Sehingga kegiatan ini pada akhirnya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat.

 

KPU KOTA BOGOR

Link

Link MK 

Link DKPP