Rabu, 12 Desember 2018

 

Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 akan kepeduliannya dalam menggunakan hak pilih, Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor terus mengoptimalkan kegiatan Pendidikan Pemilih. Kali ini KPU Kota Bogor mendatangi Komunitas Perpustakaan Sampah di Kampung Nagrog, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan hari Rabu (28/11/2018).

Siti Natawati Komisioner KPU Kota Bogor selaku narasumber menyampaikan materi seputar kepemiluan dan demokrasi. Dibandingkan dengan Pilkada 2018 yang menggunakan dua surat suara pada Pemilu 2019 akan mencoblos lima surat suara yang dibedakan dengan lima warna yang berbeda yakni kertas surat suara warna hijau untuk memilih DPRD Kabupaten/Kota, kertas surat suara warna biru untuk memilih DPRD Provinsi, kertas surat suara warna kuning untuk memilih DPR RI, kertas surat suara warna merah untuk memilih DPD dan kertas surat suara warna hitam untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.

Bertambahnya jumlah surat suara juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh KPPS saat hari pencoblosan dan terkait dengan teknis di lapangan saat penyelenggaraan Pemilu 2019, KPU Kota Bogor akan menyelenggarakan Bimtek untuk KPPS. “Sehingga pemahaman-pemahanan KPPS terhadap teknis di TPS bisa lebih baik lagi,” ungkap Siti Natawati. Supaya kesalahan-kesalahan yang berakibat pada pemungutan suara ulang bisa dihindari. “Kami mengharapkan PPK dan PPS untuk berkoordinasi dengan ketua RW dan Lurah untuk menyiapkan KPPS,” ujar Siti Natawati. Ia juga menyampaikan dengan diadakannya kegiatan pendidikan pemilih ini diharapkan  peserta dapat memahami proses pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019.  

 

KPU KOTA BOGOR

Link

Link MK 

Link DKPP