Jumat, 22 Maret 2019

Pentingnya partisipasi pemilih dalam menyukseskan pemilu merupakan salah satu alasan Komisi Pemilihan Umum menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu Serentak Tahun 2019 di Hotel Permata, Minggu (10/03/19). Hadir sebagai narasumber Sekertaris Jendral KPU RI, Arif Rahman Hakim dan Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin dan 250 warga Kota Bogor turut hadir sebagai peserta.

Dalam materinya Arif memaparkan tentang arti Pemilu, tanggal pelaksanaan Pemilu 2019 serta tugas dan fungsi lembaga penyelenggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu dan DKPP. Selain itu ia juga menginformasikan kepada peserta bahwa TPS akan dibuka sejak pukul 07.00-13.00. “Diharapkan Bapak dan Ibu tidak datang telat ke TPS karena registrasi pemilih ditutup hingga pukul 13.00,” tegas Arif. Ia juga menjelaskan setiap pemilih akan mendapatkan lima surat suara dalam Pemilu nanti, yakni untuk memilih Presiden/Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Arif menambahkan, lain halnya dengan pemilih yang melakukan pindah memilih, mereka tidak akan menerima lima surat suara. Jumlah surat suara akan disesuaikan dengan lokasi dimana pemilih melakukan pencoblosan.

Di akhir pemaparannya ia mengajak peserta untuk ikut menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini. Hal senada diungkapkan oleh Ketua KPU Kota Bogor Samsudin, beliau menjelaskan target partisipasi pemilih di Kota Bogor adalah 77,5%. Untuk mencapai target tersebut, perlu adanya partisipasi aktif  masyarakat Kota Bogor untuk menyuskseskan Pemilu 2019. Ia juga turut menunjukkan specimen surat suara kepada peserta sekaligus menjelaskan warna dan jenis surat suara. Menyambut antusias peserta, pemateri mengadakan quiz pemilu sebelum acara berakhir.

KPU KOTA BOGOR

Link

Link MK 

Link DKPP