Senin, 26 Februari 2018

121 HARI

 

Kota Bogor - Radio Republik Indonesia (RRI) Bogor melaksanakan dialog dinamika politik sebagai tindak lanjut dari "Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA" di Hotel Pangrango, Rabu (14/2).

Dalam kesempatan ini hadir Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kota Bogor Yustinus, Komisioner KPU Kota Bogor Bambang Wahyu, Plt Walikota Bogor Usmar Hariman dan Komisioner KPAI Kota Bogor Sumedi.

Dalam dialog tersebut, Komisioner KPU Kota Bogor Bambang Wahyu menyampaikan mekanisme dan jadwal kampanye yang akan dimulai pada 15 Februari 2018. KPU sendiri akan melaksanakan deklarasi damai serentak secara nasional pada 18 Februari 2018.

Berkaitan dengan politik uang, Bambang Wahyu mengatakan, mekanisme pencegahan politik uang sudah diakomodasi oleh KPU melalui Laporan Dana Kampanye yang wajib dipatuhi dan dilaporkan oleh paslon.

"Pembatasan dana kampanye secara substansial merupakan cara KPU untuk membatasi pengeluaran dan penerimaan uang oleh paslon. Semua penerimaan dan pengeluaran harus dimasukkan ke dalam rekening khusus dana kampanye yang dilaporkan secara periodik ke KPU. KPU telah menyiapkan helpdesk untuk membantu paslon memberikan laporannya," ujar Bambang.

Sementara itu lanjut Bambang, dari sisi preventif politik yang melalui laporan dana kampanye ini diharapkan mampu membatasi pelanggaran politik uang oleh paslon.

Dalam konteks politisasi SARA pun KPU memiliki cara untuk mencegahnya. Salah satunya materi kampanye memuat visi, misi dan program paslon yang sebelumnya telah dilaporkan ke KPU sebagai syarat pencalonan.

"Jadi materi kampanye merupakan perluasan dari visi, misi dan program ini. Dengan demikian segala hal yang berbau SARA tidak mungkin ada dalam materi kampanye paslon jika mereka mengacu pada visi, misi dan programnya," pungkasnya. (Media Center KPU Kota Bogor)

 

BOGOR (KM) – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat (Kapolda Jabar) Irjen Pol Agung Budi Maryoto memimpin langsung jalannya apel Pilkada damai dan simulasi Tripatra di lapangan Orchad Bogor Nirwana Residence (BNR) Kota Bogor, Sabtu 03/02/2018.

Apel tersebut dihadiri Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya dan sejumlah unsur Muspida Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Nampak di tengah-tengah kegiatan, pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan berkompetisi dalam Pilwalkot Bogor.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, “apel persiapan digelar untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta instansi terkait lainnya dan seluruh tokoh masyarakat yang akan diterjunkan ke lapangan dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak,” ungkapnya kepada awak media (03/02).

“Harapannya, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan optimal guna mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 khususnya di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor yang aman, damai dan kondusif.”

Irjen Pol Agung menuturkan, “untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas dalam pelaksanaan Pilkada, maka pada hari ini atas inisiatif keamanan di wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor dilaksanakan ikrar kampanye damai yang diucapkan oleh para perwakilan partai politik pendukung.”

“Pembacaan ikrar kampanye damai sebagai komitmen moral dan pertanda bahwa seluruh komponen masyarakat Kota Bogor dan Kabupaten Bogor sanggup dan siap menjaga Kamtibmas selama pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini personil gabungan TNI-Polri dan Pemkot Bogor melaksanakan latihan simulasi Sispamkota (sistem pengamanan kota) yang digelar di lingkungan perumahan BNR, Bogor Selatan, Kota Bogor. Dalam simulasi ini divisualisasikan cara aparat keamanan gabungan dalam mengahadapi segala bentuk gangguan keamanan, baik unjuk rasa yang anarkis maupun gangguan keamanan yang terjadi pada saat pilkada dilaksanakan.

Seluruh kendaraan taktis dan peralatan lapangan lainnya juga disiapkan sebagai alat bantu dalam pengananan gangguan kamtibmas.

 

 

 

Sumber: www.kupasmerdeka.com

Foto: Hupmas KPU Kota Bogor

 

KPU KOTA BOGOR

Link

Link MK 

Link DKPP