Komisi Pemilihan Umum
Kota Bogor
Kamis, 31 Oktober 2020
Kunjungan Forum Komunikasi OSIS Bogor ke KPU Kota Bogor
Administrator   06 Oktober 2020  
Kunjungan Forum Komunikasi OSIS Bogor ke KPU Kota Bogor

KPU Kota Bogor kembali menerima kunjungan. Kali ini dari Forum Komunikasi Osis Bogor (FKOB) yang bertujuan untuk membahas pemilihan OSIS di masa pandemi. Empat siswa pengurus FKOB yang datang ke Kantor KPU Kota Bogor Jl. Loader No. 07 pada 06/10 ini, mewakili 150 SMA /SMK/MA  dan 125 SMP/MTS, baik negeri dan swasta se-Bogor.

Dalam pembahasan kali ini, KPU memberikan alternatif solusi terkait proses pemilihan OSIS di masa pandemi. Solusi yang diajukan berupa pemilihan yang dilakukan secara online, hal ini dilakukan selain mengingat harus taat protokol kesehatan, juga mayoritas siswa di Kota Bogor sudah memiliki dan menggunakan smart phone dalam melaksanakan belajar mengajar yang dilakukan dari rumah, terlebih kuota yang sudah difasilitasi oleh pemerintah. Maka, media inilah yang tepat dijadikan alat untuk proses pemilihan.

Proses pemilihan dapat dilakukan dengan menggunakan smart phone yang dimiliki tiap siswa, dari mulai pembentukan proses panitia pemilihan, proses registrasi pendaftaran pemilih, pendaftaran Calon juga penetapan Calon yang kemudian dilanjutkan dengan proses kampanye di medsos. Pelaksanaan debat publik juga bisa dilakukan melalui mekanisme webinar.

Pemilihan secara online tetap perlu memperhatikan asas, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia (Luber). Penggunaan aplikasi dan media pemilihan secara onine tentunya menjadi alternatif solusi bagi pelaksnaan pemilihan Osis ini.

Walaubagaimana pun, pencarian solusi agar terlaksananya proses demokrasi harus terus dilakukan. Hal ini cukup urgent, mengingat proses demokrasi harus terus berjalan walaupun dimasa pandemi. Satu sisi kita dituntut untuk melaksanakan protokol kesehatan, namun disisi lain proses pemilihan Ketua Osis harus tetap dilaksanakan, sebagai salah satu representasi dari pelaksanaan proses demokrasi dan pendidikan pemilih bagi para siswa.

Terlebih mengingat Kota Bogor kembali ditetapkan sebagai zona merah, yang artinya bahwa setiap Warga tidak diperbolehkan melakukan kegiatan yang berkerumun, dan juga harus tetap konsisiten dalam menjalankan protokol kesehatan.

Bahan Sosialisasi
Tautan
Terbaru dari Twitter
Hari ini : 30
Bulan ini : 3964
Tahun ini : 5208
Anda pengunjung ya ke - : 5444
Hubungi Kami Melalui Whatsapp
Hubungi Kami
Melaui Whatsapp