Komisi Pemilihan Umum
Kota Bogor
Kamis, 19 April 2021
Webinar Internasional KPU Ri & Netgrit
Administrator   18 Maret 2021  
Webinar Internasional KPU Ri & Netgrit

Divisi Program dan Data yang di pimpin oleh Fery B Muslim, baru saja mengikuti webinar internasional yang diadakan oleh KPU RI yang bekerjasama dengan Network for Democracy And Electoral Integrity (NETGRIT).

Tema webinar kali ini adalah Perbandingan Internasioanl tentang Penerapan Daftar Pemilih Berkelanjutan.
Narasumber pada webinar yang diselenggarakan pada Kamis 18/03 ini, adalah Commission of Ellection (COMELEC) dari Philipina, National Electoral Institue (INE) dari Mexico dan KPU dari Republik Indonesia. Dalam webinar ini, juga menghadirkan ahli pendafataran pemilih dari International Foundation For Ellection System (IFFES).

Webinar ini tentu penting dilakukan, guna melihat dan mempelajari bagaimana pengelolaan data pemilih di negara lain yang melaksanakan pemilihan umum. Karena tidak menutup kemungkinan, Indonesia dapat mengadopsi berbagai strategi mereka, dan tentunya disesuaikan dengan konteks Indonesia.

Ferry K Rizkiyansyah, selaku Direktur NETGRIT menyimpulkan bahwa, sekalipun disetiap negara menggunakan sistem daftar pemilih yang berbeda, namun pihak penyelenggara Pemilu harus tetap melakukan pendidikan kepada pemilih apa yang harus dilakukan agar dapat masuk ke daftar pemilih, terus melakukan koordinasi dengan lembaga yang menangani data kependudukan, serta yang terpenting melakukan pembaharuan atau pemutakhiran data pemilih secara berkala. Hal ini penting dilakukan untuk dapat meminimalisir data ganda, kecurangan dan manipulasi data, dan juga dalam rangka membangun kepercayaan publik mengenai data pemilih.

Bahan Sosialisasi
Tautan
Terbaru dari Twitter
Hari ini : 75
Bulan ini : 2605
Tahun ini : 14226
Anda pengunjung ya ke - : 27592
Hubungi Kami Melalui Whatsapp
Hubungi Kami
Melaui Whatsapp