Komisi Pemilihan Umum
Kota Bogor
Kamis, 09 Mei 2021
Webinar KPU Provinsi Jabar
Administrator   26 Maret 2021  
Webinar KPU Provinsi Jabar

Divisi Sosparmas KPU Kota Bogor yang dipimpin oleh Dian A Yamin, mengikuti webinar reguler yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Barat. Narasumber pada kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa 26/03 ini, adalah Irma Riyani Ph.D (Dosen UIN SGD Bandung) dan Dr. Istianah (Anggota KPU Kabupaten Tasikmalaya).

Webinar dilaksanakan dalam rangka memperingati meninggalnya pejuang feminis asal Mesir, Nawal El Saadawi. Tema webinar kali ini adalah "Pemikiran Nawal El Saadawi dan Kesadaran Gender dalam Pemilu/Pemilihan". Hal ini dilakukan, mengingat affirmative action dalam pencalonan kandidat di Indonesia, baru sebatas syarat formal dan kuota saja.

Melalui cara pandang Nawal El Saadawi, mengenai peran eksistensi perempuan yang berhadapan dengan kuasa laki laki dan dikuatkan oleh tafsiran agama yang cenderung patriarkis, menjadikan pekerjaan rumah bagi penyelenggara pemilu yang harus lebih proaktif dalam meningkatkan pemahaman dan memperbaiki mind set masyarakat mengenai peran perempuan dan kesetaraan gender.

Narasumber memaparkan, bahwa salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah melakukan counter narasi dan pemahaman mengenai alternatif tafsiran agama. Hal ini dapat dilakuakn melalui tulisan, ceramah, pengajian atau hal lainnya. Beliau menambahkan langkah awal untuk memperkuat praktek tersebut harus dimulai dari keluarga yang memberikan pemahaman egaliter dan kesetaraan.

Bahan Sosialisasi
Tautan
Terbaru dari Twitter
Hari ini : 32
Bulan ini : 1179
Tahun ini : 16777
Anda pengunjung ya ke - : 30143
Hubungi Kami Melalui Whatsapp
Hubungi Kami
Melaui Whatsapp