Komisi Pemilihan Umum
Kota Bogor
Kamis, 09 Mei 2021
Webinar KPU Provinsi Jabar
Administrator   07 April 2021  
Webinar KPU Provinsi Jabar

Divisi Sosparmas KPU Kota Bogor yang dipimpin oleh Dian A Yamin, tengah mengikuti webinar reguler yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Barat. Narasumber pada kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa 06/04 ini, adalah KPU Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan Pemilihan di tahun 2019 lalu.
Dan narasumber pada webinar kali ini, yaitu dari KPU Kabupaten Tasikmalaya dan KPU Kabupaten Sukabumi.

Webinar ini bertema "Sosialisasi Pemilihan Berbasiskan Pelibatan Warga Secara Luas : Kajian Implementasi dan Tantangan Program Kampung Demokrasi", yang tentunya bertujuan sebagai salah satu bahan evaluasi. Salahsatu pendidikan pemilih yang dilakukan adalah melalui Kampung Demokrasi. Kampung Demokrasi yang digagas oleh KPU Provinsi Jawa Barat ini, diterapkan disetiap Kecamatan di Kabupaten Sukabumi dan Tasikmalaya. Dalam prosesnya, pendidikan pemilih ini disesuaikan dengan konteks masyarakat. Selain melalui kegiatan rutin yang dilakukan warga, pendidikan pemilih juga di lakukan kepada para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Salah satu faktor penting dibuatnya Kampung Demokrasi adalah agar pendidikan pemilih dapat "menyentuh" masayarakat secara langsung. Sehingga diharapkan dapat meminimalisir pelanggaran yang terjadi pada saat memilih seperti politik uang dan pelanggaran lainnya, serta pemahaman mengenai pentingnya independensi dalam memilih, sehingga tidak mudah dimobilisasi.

Melalui webinar ini, selain sebagai bahan evaluasi bagi yang sudah melaksankan pemilihan di tahun 2020, tentu juga sebagai bahan pembelajaran terutama bagi Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan pemilihan (Pilkada) di tahun 2024 mendatang.

Bahan Sosialisasi
Tautan
Terbaru dari Twitter
Hari ini : 28
Bulan ini : 1175
Tahun ini : 16773
Anda pengunjung ya ke - : 30139
Hubungi Kami Melalui Whatsapp
Hubungi Kami
Melaui Whatsapp