Komisi Pemilihan Umum
Kota Bogor
Kamis, 13 Juni 2021
Webinar KPU Kabupaten Garut
Administrator   05 Mei 2021  
Webinar KPU Kabupaten Garut

Divisi Sosparmas KPU Kota Bogor, mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Garut. Adapun tema pada kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu 05/05 ini, "membangun demokrasi melalui pendidikan pemilih". Narasumber pada webinar yang di hadiri dari berbagai kalangan ini adalah, Dr. Idham Kholik selaku Anggota KPU Provisni Jawa Barat , Totong S.Pd ., M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut dan Dr. Agus Rahmat Nugraha selaku Dewan Pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai pembukaan Sekolah Politik Alternatif (Sportif) ini menghadirkan Anggota KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa, St., MH., M. Si sebagai keynote speaker.

Pendidikan pemilih menjadi penting mengingat suara pemilih dapat memproduksi suatu pemerintahan. Karena pemilu merupakan mekanisme kontrak sosial, maka kualitas pemerintahan sangat tergantung pada kualitas suara pemilih.

Oleh karenanya, saat ini pendidikan pemilih urgent dilakukan, guna mengembangkan populasi pemilih yang mampu berliterasi. Dalam konteks ini, tidak hanya literasi bagu pemilih, tetapi juga literasi bagi peserta pemilu, dan kemampuan berliterasi media.

Hal ini urgent dilalukan mengingat Pemilu 2019 menjadi contoh bagaimana era pasca kebenaran itu terjadi, yaitu merajalelanya politik keagamaan/politik identitas, dimana agama menjadi alat untuk mendapatkan kekuasaan. Selain itu, Pemilih yang tidak berpengetahuan dan dangkal dapat dimanfaatkan oleh para politisi untuk tujuan pragmatisnya. Karena rentan di manipulasi, di mobilisasi, dan juga rentan terkena politik uang.

Maka dari itu, pendidikan pemilih harus ditujukan untuk mencipatakan iklim partisipasi berpengetahuan. Melalui sekolah politik alternatif (Sportif) diharap menjadi pengantar pemahaman masyarakat, bagaimana seharusnya demokrasi berfungsi.

@bambangwahyu1972
@dianaskhabulyamin

@kpu_ri
@kpuprovinsijabar

#ngajajapharepanjaga
#kpulawancovid19
#kpu
#kpumelayani
#covid19
#KPUFlast
#KPUMencerdaskan

Bahan Sosialisasi
Tautan
Terbaru dari Twitter
Hari ini : 128
Bulan ini : 1822
Tahun ini : 21747
Anda pengunjung ya ke - : 35113
Hubungi Kami Melalui Whatsapp
Hubungi Kami
Melaui Whatsapp