Komisi Pemilihan Umum
Kota Bogor
Kamis, 17 Oktober 2021
WEBINAR SERI 5 DESA PEDULI PEMILU & PEMILIHAN
Administrator   08 Oktober 2021  
WEBINAR SERI 5 DESA PEDULI PEMILU & PEMILIHAN

Divisi Sosparmas KPU Kota Bogor yang dipimpin Dian A Yamin, S. P @dianaskhabulyamin mengikuti webinar Seri 5, Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) Jum'at, 08/10. Acara dibuka oleh Ketua KPU RI Ilham Saputra, dengan narasumber Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri KBP Agung Prakoso, Plt Ketua Kode Insiatif Violla Reininda, Ketum Aliansi Jurnalis Indonesia Sasmito dan Abdul Gaffrar Karim pakar ilmu poiitik. Webinar kali ini membahas mengenai Teknik dan Metode Identifikasi berita hoax dalam pemilu dan pemilihan.

Di Pemilu 2019 informasi hoax beredar cukup masif. Tidak hanya penyerangan antar kandidat, namun juga menyerang penyelenggara pemilu. Hal inilah yang kemudian melahirkan ketidakpercayaan publik kepada lembaga KPU. Sarana penyebaran hoax tidak hanya melalui media sosial, namun juga media online abal-abal bahkan grup whatshap.

Karena saat ini hoax sudah menjadi industri komoditi, banyak penjual yang menjual jasa tersebut, baik secara manual, yaitu melalui akun-akun anonim atau melalui jasa dan memperjualbelikan software untuk melakukan blasting. Terlebih mendekati masa pemilu, tidak jarang hoax menjadi metode kampanye oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Semua itu bertujuan untuk mempropaganda dan melemahkan pihak yang dianggap berbeda dengan pendapat kelompoknya.

Hal inilah yang kemudian menjadi perusak demokrasi. Maka dari itu, untuk mengantisipasi hoax beredar, dalam konteks umum para pembuat kebijakan harus tegas dan jelas membuat regulasi mengenai pelarangan hoax, ujaran kebencian dll. Dalam wilayah individu, sebagai bentuk deteksi dini terhadap berita yg beredar, selain terlebih dulu meragukan informasi yang diterima, juga wajib mengkritisi, menganalisa & melalukan penelusuran atas kebenaran informasi yang diterima. Kunci dari itu semua adalah kemauan dan kesabaran dalam mencari kebenaran informasi, serta adanya kemauan meningkatkan literasi.

@kpu_ri
@bareskrim.polri
@kpuprovinsijabar
@fisipolugm
@kodeinisiatif

#ngajajapharepanjaga
#kpulawancovid19
#kpu
#kpumelayani
#covid19
#KPUFlash
#KPUMencerdaskan

Bahan Sosialisasi
Tautan
Terbaru dari Twitter
Hari ini : 15
Bulan ini : 2966
Tahun ini : 42804
Anda pengunjung ya ke - : 56170
Hubungi Kami Melalui Whatsapp
Hubungi Kami
Melaui Whatsapp