Komisi Pemilihan Umum
Kota Bogor
Kamis, 17 Oktober 2021
WEBINAR SERI 6 DESA PEDULI DAN PEMILIHAN (DP3)
Administrator   12 Oktober 2021  
WEBINAR SERI 6 DESA PEDULI DAN PEMILIHAN (DP3)

Divisi Sosparmas KPU Kota Bogor yang dipimpin Dian A Yamin, S. P mengikuti webinar Seri 6, Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) Selasa, 12/10. Acara dibuka oleh Ketua KPU RI Ilham Saputra, dengan narasumber dari Kemenkoninfo RI Drs Bambang Gubawan.,M.Si, Dossen Fisip Universiatas Airlangga, Kris Nugroho. Webinar kali ini membahas mengenai Modus Operandi dan Solusi Kampanye Sara dalam Pemilu dan Pemilihan.

Polarisasi yang sangat tajam dimasyarakat bahkan masih terjadi hingga saat ini, diawali dari Pilkada Jakarta 2017, dan terus dirawat hingga puncaknya pada pertarungan Pilpres 2019 yang mengalami penguatan. Hal ini berdampak pada pertarungan Pilkada diberbagai daerah di Indonesia. Pilpres 2019 merupakan awal mula munculnya berbagai jargon dan teks berbasis SARA.

Ditengah derasnya arus informasi yang menyulitkan masyarakat membedakan antara fakta dan hoax, terdapat oknum partai politik yang memanfaatkan situasi tersebut sebagai komodiats kampanye. Selain murah, kampanye menggunakan SARA juga cukup efektif untuk memunculkan sentimen, terlebih masyarakat Indonesia yang rendah literasi. Sehingga tanpa ada pertimbangan rasional, mereka akan mudah dimobilisasi untuk dimanfaatkan hak suaranya.

Salahsatu solusi dalam menangani persoalan demokrasi di era pasca kebenaran ini, adalah memperkuat literasi media/digital dan literasi politik kepada masyarakat, dan juga memberikan pemahaman bahwa proses kampanye merupakan momnet kontrak sosial antara kandidat dengan masyarakat. Sehingga mencatat program kerja kandidat menjadi modal utama dalam menentukan nasib Bangsa 5 tahun ke depan.

@kpu_ri
@kpuprovinsijabar

#ngajajapharepanjaga
#kpulawancovid19
#kpu
#kpumelayani
#covid19
#KPUFlash
#KPUMencerdaskan

Bahan Sosialisasi
Tautan
Terbaru dari Twitter
Hari ini : 14
Bulan ini : 2965
Tahun ini : 42803
Anda pengunjung ya ke - : 56169
Hubungi Kami Melalui Whatsapp
Hubungi Kami
Melaui Whatsapp