Komisi Pemilihan Umum
Kota Bogor
Kamis, 05 Desember 2021
RAKOR PENGGUNAAN APLIKASI SIREKAP
Administrator   14 Oktober 2021  
RAKOR PENGGUNAAN APLIKASI SIREKAP

Divisi Teknis KPU Kota Bogor yg dipimpin Dede Juhendi, SE, pada Kamis 14/10 mengikuti rapat koordinasi yg diselenggarakan KPU RI. Rakoe Sesi II ini berfokus pada Penggunaan Sirekap pada Pemilihan 2020". Dengan narasumber dari KPU Kabupaten Kendal, KPU Kota Tidore dan KPU Kabupaten Ogan ilir yang berhasil menggunakan Sirekap.

SIREKAP merupakan aplikasi Sistem Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara, yang digunakan untuk menetapkan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara di TPS. Tujuan dibuatnya SIREKAP, selain untuk efisiensi juga diharapkan dapat meminimalisir kesalahan penghitungan dan rekapitulasi. SIREKAP juga sebagai salah satu bentuk transparansi penghitungan dan rekapitulasi hasil perolehan suara pada pemilihan.

Input data pada SIREKAP ini dilakukan oleh petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di TPS, setelah kegiatan penghitungan perolehan suara selesai. Pada prosesnya, setelah petugas mencatat hasil suara pada formulir C plano, kemudian di foto dengan aplikasi SIREKAP mobile atau melalui handphone yang dudah di install aplikasinya, lalu dikirim ke server KPU.

SIREKAP akan berfungsi secara maksimal, apabila tersedia jaringan internet yang baik, salah satu atau bebebrapa petugas KPPS harus memiliki smartphone minimal android untuk aplikasinya dan laptop untuk aplikasi web nya. Dan hal inilah yang menjadi salah satu tantangan KPU kedepan, karena tidak semua daerah di Indonesia memiliki jaringan internet yang baik. Selain itu, SDM juga menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan, karena penggunaan aplikasi ini membutuhkan keterampilan yang cukup baik mengenai apliaksi, minimalnya dilakukan bimbingan teknis atau komunikasi serta koordinasi yang intens harus dibangun dengan pihak pengguna aplikasi. Konsolidasi dengan stakeholder juga penting dilakukan, guna membangun pemahaman bersama mengenai proses kerja SIREKAP ini. Dari pemaparan semua narasumber, kuncinya adalah melakukan improvisasi terkait pemetaan wilayah, guna mengetahui kendala yg kemungkinan terjadi sehingga dapat di antisipasi.

@kpu_ri
@kpuprovinsijabar

#ngajajapharepanjaga
#kpulawancovid19
#kpu
#kpumelayani
#covid19
#KPUFlash
#KPUMencerdaskan

Bahan Sosialisasi
Tautan
Terbaru dari Twitter
Hari ini : 17
Bulan ini : 575
Tahun ini : 52620
Anda pengunjung ya ke - : 65986
Hubungi Kami Melalui Whatsapp
Hubungi Kami
Melaui Whatsapp